Sejarah Lengkap Tentang Museum Probolinggo

Sejarah Lengkap Tentang Museum Probolinggo - Museum probolinggo merupakan salah satu destinasi yang wajib dikanjungi  wisata yang menawarkan konsep sejarah dari kota Probolinggo, lokasi  museum ini berada di Jalan Suroyo No. 7 Kota Probolinggo, letak meseum ini sangat sistematis dan medudahkan anda untuk menemukan letak dari museum ini, karena akses menuju kesana yang sangat mudah dijangkau baik oleh wisatawan yang menggunakan kendaraan sendiri atau dengan menaiki kendaraan umum.

Museum ini di desain oleh arsitektur bangunan Belanda, dengan ciri khas peninggalan Belanda, dengan desain demikian dapat menjadikan Museum ini lebih kental dengan suasana masa lalu. Museum Probolinggo ini dulunya merupakan sebuah Gedung Societiet Gebow Harmony,  yang digunakan sebagai Ballroom (Kamar Bola), artinya tempat berkumpulnya kaum priyayi Belanda, berdansa, main billyard, berinteraksi, dll dan kemudian gedung ini di alih fungsikan sebagai Gedung Serba Guna yang biasanya digunakan oleh masyarakat atau instansi di Probolinggo untuk melakukan acara-acara atau event – event tertentu. Dari sini anda dapat menjelajah sejarah dari kota Probolinggo mulai dari zaman dahulu hingga saat ini dengan meluangkan waktu hanya 30 menit.

Sejarah Museum Probolinggo Jawa Timur

Museum ini dibangun pada tahun 1814 museum ini mempunyai gaya bangunan Empire Style dalam arti Denah yang simetris, beratap perisai, satu lantai, di serambi depan dan belakang terdapat pilar – pilar, serta memiliki gevel di atas serambi. Bangunan ini terbagi menjadi beberapa serambi antara lain serambi depan, ruang tengah, serambi belakang, serta sayap gedung yang terletak di kanan dan kirinya.Bangunan museum ini menghadap ke barat dengan Serambi depan yang merupakan sebuah ruang terbuka yang memiliki 6 buah kolom gaya doria. Dari serambi tersebut terdapat 5 buah pintu. 3 buah merupakan pintu menuju ruang tengah, dan masing-masing pintu menuju sayap gedung di kanan dan kiri ruangan atau serambi.
Sejarah Lengkap Tentang Museum Probolinggo
Sejarah Lengkap Tentang Museum Probolinggo
Tahun 2008 munculah sebuah kalangan masyarakat yang peduli terhadap kelestarian sejarah Kota Probolinggo agar dapat memajukan Kota Probolinggo dengan cara membangun sebuah museum dikota Probolinggo. Sekaligus untuk mengenang sejarah dari Kota Probolinggo, Ide tersebut didukung oleh Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah , BIAS (British Indonesia Artists Society) dari Brighton Inggris dan beberapa personal yang turut andil untuk membantui proses berdirinya Museum.  Pendirian museum yang diajukan ke Wali Kota Probolinggo yang kala itu masih dibawah pemerintahan H.M Buchori SH,M.Si.

Walikota Probolinggo H.M Buchori SH,M.Si. sangat merespon dengan baik, kemudian 17 November Walikota Probolinggo memerintahkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk menindaklanjutinya. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mengomando proses perencanaan pembangunan.

Setelah beberapa waktu kemudian berdirilah museun Probolinggo Suasana di dalam Museum, didepan Museum akan tampak sebuah plakat bertuliskan Museum Probolinggo yang bisa dijadikan tanda jika anda sudah sampai di lokasi tujuan, di sini sudah disediakan area parkir yang luas, sehingga  dapat memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan. Area pertama museun, anda akan disuguhi dengan pemandangan taman dan lengkap dengan replika tank tempur , pesawat tempur dan kereta api. Museum Probolinggo dibuka untuk umum pada 26 Agustus 2009 dan diresmikan pada 15 Mei 2011, ketika anda masuk ke Museum Probolinggo anda bisa langsung masuk tanpa ditarik biaya apapun (gratis).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel