Ruang Terbuka Hijau Kawasan Probolinggo

DestinasiProbolinggo.com - Siapa yang tidak suka dengan lingkungan hijau bukan?? Lingkungan hijau sangat dibutuhkan untuk menjadi pembersih udara disekitarnya kita, coba anda banyangkan apabila di lingkungan anda tidak ada kawasan lingkungan hijau, apa yang terjadi? Maka udara yang berada di sekitar kita menjadi kotor, udara menjadi salah satu komponen penting  dalam sebuah kehidupan, oleh karena itu udara menjadi perhatian Pemerintah Kota Probolinggo. Untuk memperbaiki udara disekitar lingkungan ini pemerintah kota setempat melaksanakan berbagai kegiatan yang membuahkan hasil. Berbagai penghargaan telah diraih oleh pemerintah kota Probolinggo seperti Adipura hingga TPA terbaik tingkat nasional.

Pemerintah kota dalam membangun kota yang indah dan lingkungan hijau, pemerinta  Kota Probolinggo terus berupaya untuk mengembangkan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Ruang Terbuka Hijau memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan kota probolinggo.

Ruang Terbuka Hijau Kawasan Probolinggo
Ruang Terbuka Hijau Kawasan Probolinggo

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia  mengeluarkan peraturan  Nomor 12/PRT/M/2009 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Kota atau Kawasan Perkotaan, Ruang Terbuka Hijau dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi intrinsik dan fungsi ekstrinsik.

Dalam peraturan ini, dijelaskan fungsi RTH dibagi menjadi dua, yakni fungsi utama (intrinsik) dan fungsi pelengkap (ekstrinsik). Apa yang di maksud Fungsi intrinsik, di sini RTH berperan sebagai wadah aktivitas sosial budaya masyarakat, misalnya seperti tempat olahraga dan rekreasi hingga sebagai wadah dan objek pendidikan, penelitian,  pelatihan dalam mempelajari alam. Berbeda debngan fungsi ekstrinsik RTH yang dibagi menjadi empat fungsi, yakni fungsi ekologis, ekonomis, arsitektural, dan fungsi darurat.
Sampai sekarang, luas RTH di Kota Probolinggo sudah mencapai 12% dari seluruh wilayah kota. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari luas wilayah beberapa RTH di Kota Probolinggo, yang terdiri dari lima kawasan yaitu RTHKP Kedopok, RTH Maramis, RTH Semeru, Taman Manula, dan RTH Sumber Taman.

Pemerintah kota berencana untuk membangun RTH di masing-masing kelurahan. Untuk pembangunan di tiap kelurahan, dalam hal ini pemerintah kota probolinggo akan mengobservasi aset –aset pemerintah yang siap untuk dibangun RTH. Dan yangpaling penting  lokasi pembangunan nantinya tidak jauh-jauh dari pemukiman warga. Apabila RHT dekat dengn pemukiman, maka akses untuk kesananya bisa lebih mudah dan manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar RHT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel